Pengantar Web Science
Bhery Adham (51412448)
Hamonangan (53412272)
Lutfi Kurniawan (54412277)
Mohammad Fadi Yohandi (54412704)
Muhammad Arif Rahman (54412885)
Definisi Web
Web Science merupakan
salah satu penjabaran dari dua arti yang berbeda, yaitu web dan science.
Website atau situs diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan
informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video
dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang
membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing
dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
Science adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya.
Science adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya.
Web Science dapat disimpulkan yaitu segala sesuatu yang
berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumer yang akurat dan dapat
di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada
di informasi yang ingin kita cari, sehingga memudahkan kita untuk memperoleh
informasi.
Sejarah Web
Penemu website adalah Sir Timothy John
“ Tim ” Berners - Lee, sedangkan website yang tersambung
dengan jaringan, pertama kali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim
membuat websiteadalah untuk mempermudah tukar menukar dan
memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempatnya bekerja. Pada tanggal
30 April 1993, CERN ( tempat dimana Tim bekerja )
menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang. Sebuah websitebisa berupa
hasil kerja dari perorangan atau individu, atau menunjukkan kepemilikan dari
sebuah organisasi, perusahaan, dan biasanya website itu
menujukkan beberapa topik khusus, atau kepentingan tertentu. Sebuah website dapat
berisi hyperlink ( pranala ) yang menghubungkan ke website lain,
jadi, terkadang perbedaan antara website yang dibuat oleh
individu perseorangan dengan website yang dibuat oleh
organisasi bisnis bisa saja tidak terlalu terlihat.
Website ditulis,
atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses
melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web
browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client.
Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet,
perangkatnya dapat berupa komputer pribadi , laptop, PDA ataupun telepon
selular. Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer
yang dikenal dengan server web, atau yang disebut HTTP Server, dan
pengertian ini dapat menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan
sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman - halaman yang
diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apacheadalah
piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian
setelah itu adalahMicrosoft Internet Information Services ( IIS ).
Memex, Hypertext, Internet, Usenet, FTP,
Gooper.
Memex
Memex ( berasal dari "memori" dan
"index") adalah nama dari sistem proto hypertext hipotetis yang
dijelaskan oleh Vannevar Bush pada tahun 1945 di Artikel Atlantic
Monthly As We May Think (AWMT). Bush membayangkan memex sebagai perangkat di
mana individu akan kompres dan simpan semua buku-buku mereka, catatan, dan
komunikasi, mekanis sehingga dapat berkonsultasi dengan melebihi kecepatan dan
fleksibilitas. Memex akan memberikan suplemen penting dan diperbesar ke memori
seseorang. Konsep memex mempengaruhi perkembangan sistem hypertext awal
(akhirnya mengarah pada pembentukan World Wide Web) dan perangkat lunak basis pengetahuan pribadi.
Teknologi yang digunakan akan menjadi kombinasi kontrol
elektromekanik, kamera mikrofilm dan pembaca, semua terintegrasi ke dalam meja
besar. Sebagian perpustakaan mikrofilm akan telah terkandung dalam meja, tetapi
pengguna bisa menambah atau menghapus gulungan mikrofilm.
Memex akan menjadi semacam file pribadi mekanik dan
perpustakaan. Ini akan menggunakan penyimpanan mikrofilm, fotografi kering, dan
komputasi analog untuk memberikan sarjana pasca perang akses ke repositori,
besar diindeks pengetahuan. Setiap bagian yang bisa disebut dengan beberapa
penekanan tombol.
Visi dari memex mendahului, dan dikreditkan sebagai inspirasi
bagi kita, sistem pertama hypertext praktis dari tahun 1960-an. Bush
menggambarkan visi memex dan lainnya dari "As We May Think" sebagai
proyeksi dari teknologi yang dikenal pada tahun 1930 dan 1940 - dalam semangat
Jules Verne atau 1945 usulan Arthur C. Clarke untuk mengorbit satelit
geosynchronous untuk telekomunikasi global. The memex diusulkan oleh Bush akan
menciptakan jejak link yang menghubungkan urutan frame mikrofilm, daripada link
dalam pengertian modern di mana hyperlink menghubungkan kata frase tunggal atau
gambar dalam dokumen dan tujuan lokal atau remote.
Memex ini akan memiliki fitur selain menghubungkan. Pengguna
dapat merekam informasi baru mengenai mikrofilm, dengan mengambil foto dari
kertas atau dari layar sentuh yang sensitif tembus. Seorang pengguna bisa
menyisipkan komentar sendiri, baik menghubungkan ke jalur utama atau bergabung
dengan jejak sisi ke item tertentu. Jadi ia membangun jejak minatnya melalui
labirin bahan yang tersedia kepadanya. Seorang pengguna juga bisa membuat copy
dari jejak yang menarik dan menyebarkannya kepada temannya untuk dimasukkan
dalam memex sendiri, ada juga untuk dihubungkan ke jejak yang lebih umum.
Mengingat memex, sarjana bisa menciptakan alat sendiri
pengetahuan sebagai koneksi dalam berlembar-lembar informasi, berbagi
alat-alat, dan menggunakan kompleks alat untuk menciptakan pengetahuan namun
lebih canggih yang pada gilirannya dapat digunakan terhadap pekerjaan ini The
memex telah dibayangkan. sebagai sarana mengubah ledakan informasi menjadi
ledakan pengetahuan. Ini tetap menjadi salah satu impian mendefinisikan media
baru. Memperluas, menyimpan, dan konsultasi catatan.
Antara tahun 1990 dan 1994, Paul Flaherty, seorang mahasiswa
Stanford yang sedang mencari proyek, diperkenalkan oleh istrinya kepada
atasannya. Supervisor baru saja melihat demonstrasi dari WorldWide Web dan menyarankan dapat ditingkatkan dan lebih baik serupa
dengan memex dijelaskan oleh Vannevar Bush jika link tidak harus secara manual
dimasukkan dan bukan satu bisa mengikuti link hanya dengan menggunakan
kata-kata sendiri. Flaherty melanjutkan untuk menciptakan AltaVista, yang
dicari pertama, full-text database dari sebagian besar dari Web.
Hypertext
Hypertext adalah teks yang ditampilkan pada layar komputer atau
perangkat elektronik lainnya dengan referensi hyperlink ke teks lain yang pembaca
dapat langsung mengakses, biasanya dengan satu klik mouse, urutan menekan
tombol atau dengan menyentuh layar. Selain teks, hypertext kadang-kadang
digunakan untuk menggambarkan tabel, gambar, dan bentuk lain konten presentasi
dengan hyperlink. Hypertext adalah konsep yang mendasari mendefinisikan
struktur dari World Wide Web. Ini memungkinkan koneksi mudah digunakan dan
fleksibel dan berbagi informasi melalui Internet.
Dokumen hypertext dapat menjadi statis (dipersiapkan dan
disimpan di muka) atau dinamis (terus-menerus berubah dalam menanggapi input
pengguna, seperti halaman web dinamis). Static hypertext dapat digunakan untuk
referensi silang koleksi data dalam dokumen, aplikasi perangkat lunak, atau
buku-buku tentang CD. Sebuah sistem yang dibangun dengan baik juga dapat
menggabungkan antarmuka pengguna lainnya konvensi, seperti menu dan baris
perintah. Link yang digunakan dalam dokumen hypertext biasanya mengganti bagian
saat hypertext dengan dokumen tujuan. Sebuah fitur yang kurang dikenal dan digunakan
adalah StretchText, yang mengembang atau mengontrak isi di tempat memberikan
kontrol yang lebih kepada pembaca dalam menentukan tingkat detail dari dokumen
yang ditampilkan. Hypertext dapat mengembangkan sistem yang sangat kompleks dan
dinamis menghubungkan dan referensi silang. Implementasi paling terkenal dari
hypertext adalah World Wide Web, pertama kali digunakan pada tahun 1992.
Keuntungan penulisan menggunakan teknologi hypertext adalah
bahwa makna dari cerita dapat disampaikan melalui rasa spasialitas dan
perspektif yang bisa dibilang unik untuk lingkungan digital jaringan.
Penggunaan kreatif pengarang dari node, mandiri unit arti di dalam narasi
hypertextual, bisa bermain dengan orientasi pembaca dan menambahkan makna ke
teks.
Internet
Internet dalam istilah adalah jaringan komputer dunia yang
terhubung satu dengan yang lainnya menggunakan media telpon dan satelit. Secara
umum internnet dapat diartikan sebagai media komunikasi tanpa batas yang tidak
membedakan ruang dan waktu untuk saling terkoneksi.
Usenet
Seperti artinya usenet adaah cara kita menggunakan sebuah
internet, disini banyak sekali cara seseorang menggunakan internet dimulai
dengan menggunakan WWW (World Wide Web) sampai kelebihan dan kekurangan dari
sebuah internet. Dijelaskan mulai dari Infrastruktur komunikasi Internet
terdiri dari komponen perangkat keras dan sistem lapisan perangkat lunak yang
mengontrol berbagai aspek arsitektur. Sementara perangkat keras sering dapat
digunakan untuk mendukung sistem perangkat lunak lain, itu adalah desain dan
proses standarisasi yang ketat dari arsitektur perangkat lunak yang mencirikan
Internet dan memberikan fondasi untuk skalabilitas dan sukses. Komponen yang
paling menonjol dari model internet adalah Internet Protocol (IP), yang menyediakan
sistem pengalamatan (alamat IP) untuk komputer di Internet. IP memungkinkan
internetworking dan pada dasarnya menetapkan internet itu sendiri. Versi IP 4
(IPv4) adalah versi awal yang digunakan pada generasi pertama dari internet
hari ini dan masih digunakan dominan. Banyak orang menggunakan internet dan
istilah World Wide Web atau hanya Web, bergantian, tetapi dua istilah yang
tidak sama. World Wide Web adalah sistem pencarian sebuah situs. Dunia Web
Lebar perangkat lunak browser, seperti Microsoft Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Apple Safari, dan Google
Chrome, memungkinkan pengguna menavigasi dari satu halaman web yang lain
melalui hyperlink tertanam dalam dokumen. Dan ada beberapa bagian dari internet
yang dapat digunakan atau di akses yaitu :
1. Media streaming adalah
pengiriman real-time media digital untuk konsumsi langsung atau kenikmatan oleh
pengguna akhir. Contoh : Digital media streaming dan Webcam.
2. File sharing adalah contoh dari
mentransfer sejumlah besar data di Internet.
FTP
File Transfer Protocol (FTP) adalah protokol jaringan standar
yang digunakan untuk mentransfer file dari satu host ke host lain melalui
jaringan berbasis TCP, seperti Internet. FTP dibangun pada arsitektur
client-server dan menggunakan kontrol terpisah dan sambungan data antara klien
dan server [1] FTP pengguna dapat mengotentikasi sendiri menggunakan sign-in
yang jelas-teks protokol, biasanya dalam bentuk username dan password. , tetapi
dapat terhubung secara anonim jika server dikonfigurasi untuk memungkinkan itu.
Untuk transmisi aman yang menyembunyikan (enkripsi) username dan password, dan
mengenkripsi konten, FTP sering diamankan dengan SSL / TLS ("FTPS").
SSH File Transfer Protocol ("SFTP") kadang-kadang juga digunakan
sebagai pengganti, tetapi teknologi yang berbeda. Aplikasi FTP client pertama
adalah baris perintah aplikasi yang dikembangkan sebelum sistem operasi
memiliki antarmuka pengguna grafis, dan masih dikirimkan dengan Windows
kebanyakan, Unix, dan sistem operasi Linux. [2] [3] Puluhan klien FTP dan
utilitas otomatisasi telah sejak dikembangkan untuk desktop, server, perangkat
mobile, dan perangkat keras, dan FTP telah dimasukkan ke dalam ratusan aplikasi
produktivitas, seperti editor halaman Web. Ada beberapa metode aman mentransfer
file yang telah disebut "Secure FTP" pada satu titik atau lain.
FTP dapat berjalan dalam mode aktif atau pasif, yang menentukan
bagaimana koneksi data didirikan. Dalam modus aktif, klien membuat koneksi
kontrol TCP ke server dan mengirimkan server alamat IP klien dan jumlah klien
port dan kemudian menunggu sampai server memulai koneksi data melalui TCP ke
alamat IP client dan nomor client port. Dalam situasi di mana klien berada di
belakang firewall dan tidak dapat menerima koneksi masuk TCP, mode pasif dapat
digunakan. Dalam modus ini, klien menggunakan koneksi kontrol untuk mengirim
perintah PASV ke server dan kemudian menerima alamat IP server dan nomor port
server dari server klien yang kemudian digunakan untuk membuka koneksi data
dari port klien untuk alamat IP server dan nomor port server menerima. Kedua
mode yang diperbarui pada bulan September 1998 untuk mendukung IPv6. Perubahan
lebih lanjut diperkenalkan ke mode pasif pada waktu itu, update ke modus pasif
diperpanjang.
Ghoper
Protokol Gopher (pron.: / ɡoʊfər /) adalah aplikasi TCP / IP
protokol lapisan yang dirancang untuk mendistribusikan, mencari, dan mengambil
dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada desain menu-dokumen,
protokol Gopher disajikan alternatif untuk World Wide Web dalam tahap awal,
tapi akhirnya HTTP menjadi protokol yang dominan. Ekosistem Gopher sering
dianggap sebagai pendahulu yang efektif dari World Wide Web.
Diciptakan oleh tim yang dipimpin oleh Mark P. McCahill di
University of Minnesota, protokol ini menawarkan beberapa fitur tidak didukung
oleh native Web dan menerapkan hirarki yang lebih kuat pada informasi yang
tersimpan di dalamnya. Teks antarmuka menu yang mudah digunakan, [1] dan cocok
untuk lingkungan komputasi yang sangat bergantung pada remote berorientasi teks
terminal komputer, yang masih umum pada waktu penciptaan pada tahun 1991, dan
kesederhanaan protokol yang difasilitasi berbagai implementasi klien. Gopher
revisi yang lebih baru dan klien grafis menambahkan dukungan untuk multimedia.
Gopher disukai oleh banyak administrator jaringan untuk menggunakan sumber daya
jaringan yang lebih sedikit dibandingkan layanan Web.
Dengan struktur hirarki, Gopher menyediakan platform yang
berguna untuk skala besar koneksi perpustakaan elektronik pertama pengguna Gopher
mengingat sistem sebagai "lebih cepat dan lebih efisien dan jauh lebih
terorganisir" daripada layanan Web saat ini. Meskipun sebagian besar
digantikan oleh Web di tahun berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh
penggemar, dan populasi kecil dari server aktif dipertahankan tetap.
Gopher menggabungkan hirarki dokumen dengan koleksi layanan,
termasuk WAIS, yang Archie dan Veronica search engine, dan gateway ke sistem
informasi lain seperti FTP dan Usenet.
Untuk mendapatkan teks yang Anda inginkan, Anda harus mengklik
beberapa link, dan membaca melalui menu setiap kali sebelum Anda memilih link
lain. Namun yang bekerja lebih cepat daripada orang mungkin berpikir hari ini,
dan di masa kejayaan Gopher, banyak waktu dihabiskan memilih dan mengatur link
di layout yang dapat digenggam sekilas. Gopher menjadi teks-penanganan,
dokumen-sistem pengiriman itu dimaksudkan untuk menjadi. Seorang pengguna bisa
menampilkan dokumen teks pada layar nya, simpan ke file, mencetaknya, atau
bahkan e-mail salinan ke orang lain di Internet. Gopher menjadi klien dominan
untuk layanan informasi lainnya: Server Information Wide Area (WAIS), FTP, dan
Archie, database file yang dipegang oleh sebagian besar anonim utama (publik)
situs FTP di Internet. Awalnya, Gopher bisa mencari hanya satu database WAIS
pada satu waktu, dan WAIS s "relevansi umpan balik" alat (menemukan
konten-dokumen sejenisnya) tidak tersedia.
Jenis – Jenis Web
Web 1.0
Merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi
baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan
media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara
umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit
interaktif.
Web 2.0
Web 2.0 Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh
O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang
mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online. Menurut Tim
O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi
bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai
platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk
mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut.
Web 3.0
definisi untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan
broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak
bersifat on-demand [Joh07]. Namun, menurut John Markoff, Web 3.0 adalah
sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu
komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Berdasarkan
definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya Semantic Web memiliki
tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat hanya
diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga di
dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat
lunak (software agents)
Pertumbuhan Sosial dan Ekomomi
Dengan berkembangnya teknologi secara pesat juga berpengaruh
pada pertumbuhan kehidupan sosial dan ekonomi. Adapun dampak yang ditimbulkan
dari pesatnya perkembangan teknologi adalah sebagai berikut :
Efek Positif
Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini
semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam
dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah
perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol
Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan
ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan
dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri
sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat
melecehkan bangsa-bangsa Asia
Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai
aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang
disiplin, tekun dan pekerja keras
Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
Terjadinya industrialisasi
Produktifitas dunia industri semakin
meningkat
Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja
untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.Kecenderungan
perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja
dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan
jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat.
Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan
tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan
tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
Efek Negatif
Melemahkan rasa gotong royong dan tolong
menolong sebagaimana ini menjadi ciri khas masyarakat Indonesia
Berkurangnya sosialisasi karena kurang proses
tatap muka atau face to face karena pesatnya perkembangan alat komunikasi, hal
ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa
Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak
pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang
posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia
bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan
pekerjaan pria semakin menonjol
Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja
yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang
ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral
mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang
bermental instant
Kemajuan TIK juga pasti akan semakin
memperparah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan
orang miskin
Adanya aksi tipu menipu dalam proses jual
beli online yang dapat merugikan beberapa pihak
Metodologi Web Science
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah
bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini
melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan
terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan
inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan
pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web
dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan
riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan
perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang
mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi
probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan
yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
0 comments: